cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
MIND (Multimedia Artificial Intelligent Networking Database) Journal
ISSN : 25280015     EISSN : 25280902     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021): MIND Journal" : 9 Documents clear
Investigasi Sagging Metoda Parabola pada Saluran Transmisi Terhadap Parameter Temperatur pada Saluran 150 Kv pada Gardu Induk Cigereleng YOSAN AGENG NUGROHO; WALUYO WALUYO
MIND (Multimedia Artificial Intelligent Networking Database) Journal Vol 6, No 1 (2021): MIND Journal
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/mindjournal.v6i1.46-56

Abstract

AbstrakAndongan adalah bentangan kawat konduktor dari dua ujung titik terendah ditarik garis lurus konduktor tersebut sehingga terbentuk lengkungan kebawah, kekuatan tarik pada andongan berfungsi untuk menahan dari kedua ujung kawat konduktor yang dibentangkan. Besar suatu nilai andongan dapat dilihat dari temperature pada sekeliling saluran transmisi, sehingga siang hari panjang kawat konduktor akan sedikit memanjang diakibatkan sinar matahari, dan sebaliknya malam hari. Untuk mempermudah perhitungan dan analisis andongan dengan menggunakan metoda parabola pada saluran transmisi 150 Kv, dengan hasil perhitungan secara manual. Andongan dengan metoda parabola pada parameter temperature, temperatur 20oC besar andongan 0,0898%, pada temperature 70oC tinggi andongan 0,01186% turun ketika temperature 175oC andongan 0,1544%.Kata kunci: Andongan, temperatur, metoda parabola, gardu induk, saluran transmisi 150 Kv AbstractSagging is main the stretch of conductor wire from the two ends of the lowest point drawn by a straight line of the conductor so that a downward curve is formed, the tensile strength of sagging serves to hold from both ends of the stretched conductor wire the magnitude of a sagging value can be seen from the temperature around the transmission line, so that during the day the length of the conductor wire will be slightly elongated due to sunlight, and vice versa at night. The facilitate for calculation and analysis of the sagging used the parabolic method on a 150 Kv transmission line, with the results of calculations manually. Sagging with parabolic method at temperature parameters, temperature 20 oC large sagging of 0.0898%, at a temperature of 70 oC, the sagging height of 0.01186% decreases when the temperature is 175 oC sagging 0.1544%.Keywords: sagging, temperature, parabolic method, substation, 150 Kv transmission line
Simulasi Pengaturan Kecepatan Motor BLDC menggunakan Software PSIM MUHAMMAD HAMZAH ABDURRAHMAN AS-SALAF; SYAHRIAL SYAHRIAL
MIND (Multimedia Artificial Intelligent Networking Database) Journal Vol 6, No 1 (2021): MIND Journal
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/mindjournal.v6i1.103-117

Abstract

AbstrakKrisis bahan bakar fosil menjadi salah satu alasan pengembangan teknologi dalam bidang transportasi contohnya kereta listrik dan mobil listrik. Salah satu penggerak yang saat ini banyak digunakan pada kendaraan listrik adalah motor brushless DC (BLDC) yang memiliki efisiensi tinggi, hemat biaya perawatan dan pengaturan yang mudah. Pada umumnya penelitian yang dilakukan terkait dengan motor BLDC adalah tentang pengaturan kecepatan motor, pembebanan pada motor dan yang lainnya. Penelitian ini melakukan simulasi cara pengaturan kecepatan motor BLDC dengan beban yang diubah-ubah dengan menggunakan software PSIM (Power Simulator). Data yang diperoleh melalui simulasi dengan memberikan beban maksimum sebesar 20 Nm dan hasil perhitungan menunjukan bahwa motor BLDC dengan spesifikasi yang digunakan dapat berputar dengan baik pada kecepatan 1442,05 rpm dengan efisiensi sebesar 81,25 %. Jika  beban yang diberikan pada motor BLDC dinaikan menjadi 30 Nm maka kecepatan motor akan mengalami penurunan menjadi 1221,51 rpm dan efisiensi menjadi 78,34 %.Kata kunci: motor BLDC, Kecepatan motor, Beban, efisiensiAbstractThe fossil fuel crisis is one of the reasons for the development of technology in transportation, for example electric trains and electric cars. One of the movers that are currently widely used in electric vehicles is the brushless DC motor (BLDC) because this motor has advantages including high efficiency, saving maintenance costs and easy setting. In general, research conducted related to BLDC motors is about regulating BLDC motor speed, loading on BLDC motors and others. In this study a simulation was conducted discussing how to regulate BLDC motor speed with a load that was changed by using PSIM (pow3er simulator) software. From the data obtained through simulation by giving a maximum load of 20 Nm and the calculation results show that the BLDC motor with the specifications used can rotate well at speeds of 1442.05 rpm with an efficiency of 81.25%. If the load given to the BLDC motor is increased to 30 Nm, the motor speed will decrease to 1221.51 rpm and the efficiency decrease to 78.34%.Keywords: Brushless DC, speed of motor, load, efficiency
Simulasi ETAP untuk Evaluasi Proteksi Gangguan Tegangan Lebih Generator Unit 3 PLTP Kamojang RIFKI FIKRANDANI NUGRAHA; TEGUH ARFIANTO
MIND (Multimedia Artificial Intelligent Networking Database) Journal Vol 6, No 1 (2021): MIND Journal
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/mindjournal.v6i1.57-72

Abstract

AbstrakPada penelitian ini dilakukan evaluasi proteksi gangguan tegangan lebih pada generator Unit 3 PLTP Kamojang yang diproteksi oleh sebuah relay tegangan lebih menggunakan simulasi pada software ETAP. Simulasi dilakukan untuk melihat bagaimana cara kerja relay tegangan lebih dan bentuk tegangan lebih yang terjadi pada terminal generator. Skenario simulasi yang digunakan yaitu melakukan pelepasan beban 50,7 MW dan relay yang digunakan dalam simulasi berfungsi untuk menyalakan alarm saat terjadi tegangan lebih. Hasil simulasi memperlihatkan bahwa pada saat terjadi pelepasan beban, relay tegangan lebih menyalakan alarm 1,1 detik setelah membaca tegangan naik hingga 13 kV atau sebesar 110% dari tegangan nominalnya, kemudian tegangan terminal generator naik hingga 13,2 kV hingga kembali ke kondisi steady state 5 detik setelah terjadi kenaikkan tegangan. Hasil simulasi tersebut menunjukkan bahwa relay tegangan lebih yang terpasang pada terminal generator Unit 3 bekerja sesuai dengan fungsinya yaitu untuk memberikan alarm ketika tegangan lebih terjadi.Kata kunci: pelepasan beban, proteksi generator, relay proteksi, simulasi generator, tegangan lebihAbstractThis study evaluates overvoltage fault protection on the generator Unit 3 PLTP Kamojang which is protected by an overvoltage relay using simulation on ETAP software. Simulations are carried out to see how the overvoltage relay works and the form of overvoltage that occurs at the generator terminals. The scenario used is by do a load shedding of 53,3MW, the relay used in this simulation has a function to turn on the alarm when overvoltage occurs. The results show that when a load shedding occurs, the overvoltage relay turns on the alarm 1,1 seconds after reading the voltage up to 13 kV or 110% of the nominal voltage, then the generator terminal voltage rises to 13.2 kV until it returns to steady state 5 seconds after the voltage increase. The simulation results indicate that the overvoltage relay installed at the generator terminal Unit 3 works according to its function, namely to provide a warning when an overvoltage occurs.Keywords: generator protection, load shedding, overvoltage, protection relay, generator simulation
Sistem Pembayaran Elektronik pada Transportasi Angkutan Kota menggunakan Rotary Encoder THETA DINNARWATY PUTRI; WINARNO SUGENG; FUADI RAMDANI
MIND (Multimedia Artificial Intelligent Networking Database) Journal Vol 6, No 1 (2021): MIND Journal
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/mindjournal.v6i1.1-15

Abstract

AbstrakAngkutan kota (angkot) adalah salah satu transportasi umum yang berada di kota Bandung. Tetapi belum semua warga menggunakannya karena tarif yang diberikan pengemudi tidak sesuai jarak yang ditempuh dan menyebabkan tarif yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem pembayaran pada angkot serta menentukan tarifnya sesuai jarak yang ditempuh. Penelitian ini memodelkan sistem pembayaran menggunakan RFID, rotary encoder dan arduiono uno. Sistem yang dibuat menghasilkan output berupa tarif sesuai jarak yang ditempuh dengan menghitung jumlah putaran roda yang dihubungkan dengan rotary encoder. Rotary encoder digunakan untuk mengetahui arah putaran roda yang mana dapat menghasilkan output berupa jarak. Hasil dari penelitian ini adalah jarak yang diperoleh dari putaran roda yang di ekuivalensikan dengan jarak sebenarnya, dimana tarif dasar sebesar Rp.2000 akan bertambah Rp.100 setiap bertambah jarak 100 m. Kata kunci: Rotary Encoder, RFID, Transportasi, Arduino  ABSTRACT City transportation (angkot) is one of the public transportation located in the city of Bandung. However, not all residents use it because the tariff given by the driver does not match the distance traveled and causes varying rates. The purpose of this research is to create a payment system for public transportation and determine the tariff according to the distance traveled. This study models a payment system using RFID, rotary encoder and Arduiono Uno. The system created produces an output in the form of a rate according to the distance traveled by calculating the number of wheel rotations connected to the rotary encoder. Rotary encoder is used to determine the direction of rotation of the wheel which can produce output in the form of distance. The result of this research is the distance obtained from the rotation of the wheel which is equivalent to the actual distance, where the basic fare of Rp. 2000 will increase by Rp. 100 for every 100 m increase in distance.Keywords: Rotary Encoder, RFID, Transportation, Arduino        
Aplikasi Analisis Kondisi Kesehatan Koperasi pada KSU Sedhana Wiguna Werdhi Berbasis Website NI LUH KARTIKA DEWI; I MADE DWI PUTRA ASANA; NI PUTU SUCI MEINARNI
MIND (Multimedia Artificial Intelligent Networking Database) Journal Vol 6, No 1 (2021): MIND Journal
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/mindjournal.v6i1.89-102

Abstract

AbstrakKegiatan operasional pada KSU Sedhana Wiguna Werdhi sudah menggunakan sistem informasi berbasis website, namun terjadi kendala saat koperasi ingin mengetahui gambaran mengenai kondisi kesehatan koperasinya. Selain itu koperasi juga ingin tahu cara untuk mempertahankan atau meningkatkan predikat kesehatan koperasinya. Oleh karena itu, koperasi membutuhkan sistem yang dapat memberikan sebuah gambaran mengenai kondisi kesehatan koperasi. Adapun hasil akhir dari penelitian ini untuk membangun sebuah aplikasi analisis kondisi kesehatan koperasi berbasis website yang dapat membantu manajemen koperasi dalam memberikan gambaran mengenai predikat kesehatan koperasinya dan memberikan gambaran tindakan yang harus dilakukan untuk mempertahankan atau meningkatkan predikat kesehatan koperasinya berdasarkan Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 06/Per/Dep.6/IV/2016 tentang pedoman penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam dan unit usaha simpan pinjam koperasi.Kata kunci: sistem penilaian koperasi, kesehatan koperasi, 7 aspek.AbstractOperational activities at KSU Sedhana Wiguna Werdhi already use a computerized system using a website system. However, they have a problem how to get the health representation. Also KSU Sedhana Wiguna Werdhi did not know what they should to do to maintain or upgrade their predicate of health. Based on the problems, the solution is build a systems that will helped the cooperation to give a health valuation representation of the cooperative. The final results of this research is build a cooperative health condition analysis application. This systems will helped the cooperation to give a health valuation representation of the cooperative and also give a suggestions for maintain or upgrade their predicate of health representation according to government regulation number 06 / Per / Dep.6 / IV / 2016. Keywords: cooperatives valuation system, cooperations health, 7 aspects. 
Sequence Clustering in Process Mining for Business Process Analysis Using K-Means NUR FITRIANTI FAHRUDIN
MIND (Multimedia Artificial Intelligent Networking Database) Journal Vol 6, No 1 (2021): MIND Journal
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/mindjournal.v6i1.16-30

Abstract

ABSTRAKProses Discovery merupakan teknik utama dalam proses mining yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah model dari event log. Namun dalam implementasinya ditemukan masalah, karena banyak varian proses yang terdapat pada event log. Hal ini membuat hasil proses discovery sulit untuk dipahami. Penelitian ini di awali dengan mengelompokan event log menggunakan metode K-Means sebagai tahap pre-processing. Hasil dari tahap pre-processing ini kemudian di modelkan menggunakan teknik proses mining. Namun, pada saat metode K-Means ini di terapkan penentuan jumlah cluster yang optimal sangatlah penting. Kesalahan dalam menentukan nilai K dapat menurunkan nilai fitness dan precision dari model yang dihasilkan. Berdasarkan hasil pengujian pada data set issue tracking dengan jumlah case 1091 dan jumlah event 7924  yang terbagi ke dalam empat cluster nilai precision meningkat dari 0,49 menjadi 1 dan nilai fitness meningkat dari 0,34 menjadi kisaran 0,61-1 pada cluster 2, 3 dan 4. Kata kunci: K-Means, proses mining, event log, clustering, sequence clusteringABSTRACTProcess Discovery as the main technique in the mining process aims to produce a model of an event log. However, in the implementation, there is a problem found, for a lot of process variants contained in the event log. This makes the results of the discovery process difficult to understand. This research begins by grouping event logs using the K-Means method as a pre-processing stage. The results of this pre-processing stage are then modeled using the process mining technique. However, determining the optimal number of clusters is crucial. Mistakes in determining the K value can reduce the fitness value and precision of the resulting model. Based on the test results on the issue tracking data set with the number of cases 1091 and the number of events 7924 which is divided into four clusters the precision value increased from 0.49 to 1 and the fitness value increased from 0.34 to 0.61-1 in clusters 2, 3 and 4.Keywords: K-Means, process mining, event log, clustering, sequence clustering  
Torka Motor Induksi pada Mesin CNC di PT. Dirgantara Indonesia menggunakan Software PSIM SENI NURJANAH; NASRUN HARIYANTO; SABAT ANWARI
MIND (Multimedia Artificial Intelligent Networking Database) Journal Vol 6, No 1 (2021): MIND Journal
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/mindjournal.v6i1.73-88

Abstract

AbstrakMesin CNC digunakan untuk membuat kerangka pesawat terbang, motor induksi sebagai tenaga penggerak diatur kecepatan putarnya untuk menghasilkan torka sesuai kebutuhan dikendalikan oleh VSD. Pengendalian VSD pada mesin CNC menggunakan software PSIM untuk mengetahui karakteristik mesin CNC dengan tegangan dan frekuensi yang divariasikan agar menghasilkan torka konstan. Analisis karakteristik motor induksi digunakan rangkaian pengganti dan perhitungan matematis. Untuk mengetahui rentan kerja mesin CNC maka arus starting 61,83Ampere; torka starting 23,28N.m; torka maksismum 14,1N.m; putaran sinkron 1500rpm. Pengolahan data dilakukan secara matematis, pada pengukuran mendapatkan torka 35N.m sedangkan simulasi beban 30% menghasilkan torka 4.2N.m; beban 60% menghasilkan torka 8.3N.m; beban 90% menghasilkan torka 12.5N.m. Dapat disimpulkan kendali V/f menghasilkan torka konstan sepanjang pengaturan kecepatan putar. Kata kunci: PSIM, Variable Speed Drive, Torka Motor Induksi, Mesin CNCAbstractCNC machines are used to make aircraft frames, the induction motor as the driving force is set to rotate its speed to produce torque as needed, controlled by a variable speed drive. VSD control on CNC machines uses PSIM software to determine the characteristics of CNC machines with varied voltages and frequencies to produce constant torque. Analysis of the characteristics of the induction motor used a replacement circuit and mathematical calculations to determine the working range of the CNC machine. Then the starting current is 61.83Amperes; starting torque 23.28N.m; maximum torque 14.1N.m; synchronous speed 1500rpm. Data processing is done mathematically, the measurement gets 35N.m of torque while the 30% load simulation produces 4.2N.m of torque; 60% load produces 8.3N.m torque; 90% load produces 12.5N.m of torque. It can be concluded that the V/f control produces constant torque throughout the rotational speed setting.Keywords: PSIM, Variable Speed Drive, Induction Motor Torque, CNC Machine
Sistem Pemantauan Kelayakan Pelumas Oli pada Kendaraan Sepeda Motor dengan Memanfaatkan Teknologi Internet of Things RAMA RAMANDA; OKTAF BRILLIAN KHARISMA; ALEX WENDA; ABDILLAH ABDILLAH
MIND (Multimedia Artificial Intelligent Networking Database) Journal Vol 6, No 1 (2021): MIND Journal
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/mindjournal.v6i1.31-45

Abstract

AbstrakSepeda motor memerlukan perawatan yang oprtimal terutama are mesin yaitu dengan melakukan pergantian oli yang berfungsi sebagai pelumas mesin. Oli mesin membantu menghindari gesekan langsung antara logam di mesin, sehingga mengurangi tingkat kerusakan mesin. Penelitian ini akan dirancang suatu sistem pemantauan pergantian oli sepeda motor berdasarkan jarak tempuh dan waktu pemakaian oli yang berbasis IoT. Dimana penggunaan sepeda motor digunakan untuk menyimulasikan perputaran roda, sensor proximity sebagai pendeteksi putaran roda, serta mikrokontroller ESP32 sebagai pengendali utama, buzzer untuk memperingati pengguna, relay digunakan untuk mematikan mesin sepeda motor, dan GSM sebagai pengirim data. Pada penelitian ini diperoleh hasil yang diharapkan, ketika jarak tempuh mencapai jarak 2000km maka sistem akan memperingati pengguna sepeda motor dan ketika pengguna mengabaikan peringatan tersebut dan jarak mencapai 2100km maka sistem mematikan kelistrikan sepeda motor. Namun jika jarak tidak tercapai tetapi pemakaian oli telah mencapai 60 hari maka sistem memperingati pengguna sepeda motor.Kata kunci: Gsm, Mikrokontroler, Otomasi, Sensor, Sepeda MotorAbstractMotorcycles require optimal maintenance, especially the engine, namely by changing the oil, which functions as an engine lubricant. Engine oil helps avoid direct friction between the metals in the engine, thereby reducing engine damage. This research will design a motorcycle oil change monitoring system based on mileage and time of oil usage based on IoT. Where the use of a motorcycle is used to simulate wheel rotation, a proximity sensor is used to detect wheel rotation, as well as the ESP32 microcontroller as the main controller, a buzzer to warn the user, a relay is used to turn off the motorcycle engine, and GSM as a data sender. In this study, the expected results are obtained, where when the distance reaches a distance of 2000km, the system will warn the motorcycle user and when the user ignores the warning and the distance reaches 2100km, the system will turn off the motorcycle electricity. However, if the distance is not reached but the oil consumption has reached 60 days, the system will warn motorcycle users.Keywords: Gsm, Microcontroller, Automation, Sensors, Motorcyle.
Simulasi ETAP 12.6 untuk Studi Instalasi Listrik pada Kereta Api Kahuripan FARIZ GHILYATS IRFAN; NASRUN HARIYANTO
MIND (Multimedia Artificial Intelligent Networking Database) Journal Vol 6, No 1 (2021): MIND Journal
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/mindjournal.v6i1.118-131

Abstract

AbstrakDalam sebuah satu rangkaian kereta biasanya terdiri dari penggerak utama lokomotif, kereta penumpang, kereta makan, dan kereta pembangkit. Dengan banyaknya fasilitas dan alat-alat kelistrikan dalam gerbong-gerbong tersebut dapat memberikan dampak penurunan terhadap kualitas daya listrik yang mengalir pada sistem distribusi aliran daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas nilai circuit breaker, ukuran penampang kabel,  tegangan jatuh, dan rugi-rugi daya, serta perbandingangannya dengan hasil simulasi pada software ETAP 12.6. Kapasitas circuit breaker dan ukuran penampang kabel yang diperhitungkan mendapatkan rating circuit breaker dengan arus berkisar dari 800 hingga 80 Ampere dan ukuran kabel yang digunakan sebesar 120 mm2. Hasil nilai drop voltage yang didapat dimulai dari 1,02 Volt hingga 5,08 Volt. Untuk nilai rugi-rugi daya yang didapat dimulai dari dari 0,01 kW hingga 0,11 kW.Kata kunci: Aliran Beban, ETAP, Circuit Breaker, Drop Voltage, Rugi-rugi Daya.AbstractA train usually consists of several carrieges: a prime mover locomotive, passenger carriage, dining carriage, and generator carriage. With that many facilities and installed electrical equipments the quality of the electric power flowing in the trains’s power distribution system may be decresed. This study aims to determine the capacity of the circuit breaker, the cable’s cross section size, the voltage drop, and power losses, as well as the comparison with the simulation results by using ETAP software. The circuit breaker capacity and cable’s cross-sectional size are calculated. From the calculations, we obtain the rating value for the circuit breaker, which is ranging from 800 to 80 Ampere. As for the cable’s corss sectional we obtain 120 mm2. With these values, the resulting voltage drop is from 1.02 Volts to 5.08 Volts. As for the resulting power loss, its value is ranging from 0.01 kW to 0.11 kW.Keywords: Load Flow, ETAP, Circuit Breaker, Voltage Drop, Power Loss.  

Page 1 of 1 | Total Record : 9